Solar Cell System Karya Siswa TITL SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara

Pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS adalah pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik. Fotovoltaik mengubah secara langsung energi cahaya menjadi listrik menggunakan efek fotoelektrik.

Siswa Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara membuat Pembangkit listrik tenaga surya (Fotovoltaik) terdiri dari beberapa komponen supaya berfungsi sesuai dengan yang dibutuhkan. Komponen utama secara umum terdiri dari Solar, Inverter dan Baterai.

Solar Panel (Fotovoltaik) merupakan komponen utama dalam PLTS, berfungsi untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik DC. Inverter merupakan pengubah tegangan searah (DC) dari Solar Panel menjadi tegangan bolak-balik (AC) untuk mensuplai listrik ke pengguna.

Kebutuhan energi listrik untuk manusia terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah populasi manusia dan pola hidup manusia yang semakin modern juga menjadi salah satu penyebab meningkatnya konsumsi energy. Solusi dari permasalahan ini adalah dengan menyediaan sumber energi baru dan terbarukan sebagai alternatif untuk suplai energi listrik dengan sistem kelistrikan PLTS dengan backup battery.

Tujuan penelitian ini adalah pembuatan sistem kelistrikan PLTS dengan backup battery dengan kapasitas 900 Watt untuk mengurangi pemakaian listrik dari PLN dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam matahari yang menjadi energi listrik. Sistem PLTS di backup battery sebagai penyimpan energi listrik yang dihasilkan oleh sel surya. Hasil penelitian ini menghasilkan rancangan bangun PLTS dan komponen-komponen pendunkung yang dibutuhkan untuk menghasilkan PLTS dengan daya 900 Watt, PLTS backup battery dengan kapasitas battery 200 Ah dengan tegangan 12V, Photovoltaic 150Wp x 2, solar charge controller jenis MPPT berkapasitas 30A, Inverter jenis pure sine wave dengan kapasitas 1000 Watt dan menggunakan pengaman arus MCB 1 fhasa 6A dan 2A.

Artikel terkait

Leave a Comment